Cara Merawat Ban Motor Agar Awet

Cara Merawat Ban Motor Agar Awet- Ban merupakan komponen pada sebuah kendaraan yang sangat vital perannya. Kerusakan pada ban bisa saja mengakibatkan hal yang tidak di inginkan seperti kecelakaan. Namun sering kali pemilik kendaraan kurang memperhatikan kondisi ban tersebut. Bahkan adapula yang mengganti ban pada kendaraan dengan ban kanisiran atau ban siletan. Melakukan perawatan pada ban penting untuk dilakukan. Selain untuk faktor keamanan juga agar ban lebih awet.

Cara Merawat Ban Motor Agar Awet
Cara Merawat Ban Motor Agar Awet
Perawatan pada ban sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Lakukanlah perawatan ini secara berkala dan terutama ketika akan bepergian jauh. Berikut adalah cara merawat ban pada kendaraan agar ban lebih awet:
1. Periksa tekanan ban
Periksa selalu tekanan ban pada kendaraan anda. Pastikan tekanan ban tidak kurang dari 30 psi. Kondisi ban yang kempes bisa menyebabkan keausan ban yang tidak merata.
2. Jangan melebehi beban maksimum
Nah ini mungkin sering terjadi diantara pengguna kendaraan. Hindarilah penggunaan kendaraan dengan beban yang terlalu berat.
3. Periksa kondisi Bearing Roda
Periksalah kondisi bearing atau laher roda dari kekocakan. Kondisi bearing yang kocak juga bisa menyebabkan keausan pada ban yang tidak rata.
4. Bersihkan selalu ban dari kerikil yang menempel pada bunga ban
5. Hindari Pengereman Yang Mendadak
Pengereman yang mendadak, biasanya ban akan terkunci (tidak berputar) sehingga ban akan terseret. Nah jika hal tersebut terjadi maka akan mempercepat keausan ban.

Nah demikian tadilah cara merawat ban motor agar lebih awet. Dengan melakukan perawatan tersebut akan memperpanjang usia pakai dari ban. Selain itu juga akan mengurangi resiko kecelakaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel