Mobil Injeksi Brebet ? Bersihkan Mass Air Flow Sensor

Gejala mobil injeksi brebet sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal seperti pengapian tidak pas, gangguan pada sensor, injector yang kotor, dan lainya. Namun yang kerap terjadi adalah MAF atau mass air flow sensor yang kotor. Ini terjadi karena kurangnya perawatan terutama dalam membersihkan filter udara.
Mass Air Flow Sensor
Mass Air Flow Sensor

Mungkin anda bertanya-tanya kenapa mobil injeksi brebet bisa disebabkan oleh kotornya MAF? Pada mobil yang telah menggunakan engine management system maka pengontrolan injeksi bahan bakar di sesuaikan dengan jumlah udara yang masuk. Nah untuk mengukur jumlah udara yang masuk ini salah satunya dengan menggunakan mass air flow sensor. Karena kotoran menumpuk di MAF, maka akibatnya tegangan output akan kacau. Hal ini menjadikan penginjeksian bahan bakar tidak tepat sehingga mesin terasa brebet. Jika anda mengalami hal demikian, tenang saja karena bisa diatasi dengan membersihkanya. Cukup modal Rp 100 ribu MAF akan bersih kembali dan mobil tidak mbrebet lagi.

Untuk membersihkan MAF dari kotoran gunakan contact cleaner yang bisa anda dapatkan di toko elektronik ataupun toko otomotif. Namun jangan sekali-kali menggunakan karburator maupun injector cleaner karena akan meninggalkan residu. Pertama-tama lepaskan socket MAF sensor dengan cara menekan penguncinya dan kemudian menariknya. Pada Mazda 2, anda bisa setelah socket terlepas anda bisa langsung melepas MAF sensor dari housing. Pada mobil-mobil lain tinggal menyesuaikan saja. Setelah terlepas tinggal semprot saja dengan menggunakan contact cleaner ke seluruh bagian MAF sensor. Diamkan sekitar 5 menit agar cairan mongering. Setelah dipastikan semua kering terutama dibagian dalam mass air flow sensor pasang kembali ke housing, jangan lupa pasang juga socketnya. Nah sekarang tinggal hidupkan mesin maka mobil sudah tidak brebet lagi. Selamat mencoba….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel