Cara Merawat Motor Injeksi Mudah dan Murah

Cara Merawat Motor Injeksi -Teknologi injeksi merupakan teknologi revolusioner yang mampu memberikan pembakaran yang lebih efektif sehingga menyebabkan emisi gas buang rendah. Oleh karena itu teknologi injeksi lebih ramah lingkungan. Pengabutan bahan bakar yang sebelumnya menggunakan karburator kini lebih disempurnakan dengan injector yang mampu menyemprotkan partikel bahan bakar lebih lembut. Karena partikel yang disemprotkan ke ruang bakar lebih kecil, maka proses pembakaran lebih cepat. Di tahun 2014 ini hampir semua keluaran motor terbaru sudah menggunakan sistem injeksi sebagai pemasok bahan bakar. Namun sering kali para konsumen justru malah enggan memilih sepeda motor dengan sistem injeksi dengan alasan perawatanya yang rumit. Padahal jika dibandingkan dengan sistem karburator perawatan sepeda motor injeksi jauh lebih simple.
Cara Merawat Motor Injeksi
Motor Injeksi

Cara merawat  motor injeksi sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Jika pada sistem karburator harus bongkar karburator kemudian membersihkan slow jet maupun main jet nya, maka hal tersebut tidak diperlukan lagi pada sistem injeksi. Pada sepeda motor dengan sistem injeksi pemasukan bahan bakar dikontrol oleh Electronic Control Unit atau yang dikenal dengan ECU. Piranti ini bekerja berdasarkan input dari sensor-sensor yang ada di kendaraan. Sensor ini bertugas untuk mengirimkan sinyal ke ECU sesuai dengan kondisi mesin. Bagi para pemilik kendaraan berteknologi injeksi mungkin pernah mengalami gejala mbrebet. Nah hal ini bisa saja disebabkan oleh salah satu sensor yang ada di sepeda motor. Namun kejadian ini jarang ditemukan, karena sensor-sensor ini sudah didesain agar tahan terhadap segala kondisi. Jadi jika terjadi gejala mesin mbrebet pada motor injeksi besar kemungkinan disebabkan oleh kotornya komponen sistem bahan bakar akibat bahan bakar yang kotor. Kotoran ini bisa saja berada di injector, atau jika sudah lama akan mengerak di ruang bakar. 

Untuk membersihkan kotoran tersebut sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Dengan menggunakan cairan khusus pembersih karbon. Pabrikan Yamaha sebenarnya sudah menyediakan cairan tersebut yang diberi nama Yamalube Carbon Cleaner. Cara menggunakannya sangat mudah yakni dengan mencampurnya pada ruang bakar. Jadi pada waktu pembakaran karbon yang mengerak di silinder akan ikut terbakar dan kemudian hilang bersama gas buang. Cairan pembersih karbon ini seharusnya digunakan secara berkala untuk perawatan motor injeksi. Dengan demikian kinerja motor injeksi anda tetap optimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel